Lagi-lagi Inggris dan Spanyol Menguasai Liga Champion

Inggris dan Spanyol

topmetro.news – Untuk kesekian kalinya, Inggris dan Spanyol menguasai Champions League dengan menempatkan masing-masing empat wakil di babak 16 besar. Artinya, setengah dari peserta babak knockouts liga termegah se dunia itu, diisi klub Inggris dan Spanyol.

Bahkan Inggris menjadikan final Liga Champions menjadi miliknya di tahun kemarin, dengan menguasai babak puncak. Saat itu Liverpool bertemu Tottenham Hotspur di final yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid, Minggu (2/6/2019). Sebagaimana diketahui, tim asuhan Juegren Klopp yang kemudian menjadi ‘jawara’ dengan kemenangan 2-0.

Namun untuk urusan juara terbanyak Champions League berdasarkan negara, masih dikuasai Spanyol. Negara ini sudah memenangi sejak masih bernama Champions Cup sebanyak 18 kali. Dan semuanya disumbang oleh hanya dua klub, yaitu Real Madrid 13 kali dan Barcelona lima.

Kemudian menyusul Inggris sebanyak 13 kali. Disumbangkan lima klub, yaitu Liverpool 6 kali, Manchester United 3, Nottingham Forest 2, serta Aston Villa dan Chelsea masing-masing sekali.

Selanjutnya adalah Italia dengan 12 kali juara. masing-masing oleh AC Milan 7 kali, Inter Milan 3, dan Juventus 2. Jerman 7 kali, yaitu oleh Bayern Muenchen 5 kali, lalu Hamburg dan Borussia Dortmund masing-masing sekali.

Belanda 6 kali, hasil dari Ajax sebanyak 4 kali serta PSV Eindhoven dan Feyenord masing-masing sekali. Selanjutnya ada Portugal dengan 4 kali juara, ditorehkan Benfica dan Porto, masing-masing 2 kali.

Terakhir adalah negara yang masing-masing menjuarai Piala/Liga Champions sekali saja, yakni Skotlandia (Celtic), Rumania (Steaua Bucharest), Prancis (Marseille), dan Serbia sewaktu masih bernama Yugoslavia (Red Star Belgrade).

Undian Champions League

Sesuai jadual, malam ini, Senin (16/12/2019), akan dilangsungkan undian babak 16 besar Liga Champions, di markas UEFA, Nyon. Ada pun tim yang lolos ke 16 besar adalah Paris Saint-Germain, Bayern Muenchen, Manchester City, Juventus, Liverpool, Barcelona, Red Bull Leipzig, Valencia sebagai juara grup..

Lalu dari runner up diwakili oleh Real Madrid, Tottenham Hotspur, Atalanta, Atletico Madrid, Napoli, Borussia Dortmund, Lyon, dan Chelsea.

Sesuai peraturan UEFA, bahwa di 16 besar tidak ada pertemuan klub sesama negara. Maka ada kemungkinan semua tim dari Premier Leagua atau LA Liga akan lolos ke delapan besar. Peraturan lain adalah, tidak akan terjadi pertemuan dua tim yang sudah bertemu di fase grup.

Dalam proses undian, akan ada dua pot unggulan. Satu delapan tim juara grup dan sisanya delapan tim runner up grup. Tim unggulan dari juara grup akan memainkan laga pertama (dari dua leg) di kandang lawan.

BACA JUGA | Cristiano Ronaldo Yakin Juventus Juara Liga Champions Musim ini

Lima Negara Peserta

Pada perhelatan 16 besar kali ini, hanya ada lima negara yang ikut, yaitu Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Perancis. Ada pun peserta 16 besar Champions League berdasarkan negara tersebut adalah:

Premier League:

Manchester City
Liverpool
Tottenham Hotspur
Chelsea

LA Liga:

Barcelona
Valencia.
Real Madrid
Atletico Madrid

Serie A:

Juventus
Atalanta
Napoli

Bundesliga:

Bayern Muenchen
Red Bull Leipzig
Borussia Dortmund

Ligue 1:

Paris Saint-Germain
Lyon.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment